Lakukan 5 Cara Ini Agar Printer Lebih Tahan Lama

Printer Epson

Biasanya, tidak akan lengkap jika Anda memiliki laptop tanpa printer Epson. Perangkat yang satu ini sangat mendukung berbagai aktivitas, terlebih jika Anda adalah seorang mahasiswa atau pekerja kantoran. Dengan adanya printer, Anda tidak perlu pergi ke toko fotokopi untuk mencetak berbagai tugas laporan, foto dan lain sebagainya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda memiliki perangkat yang satu ini di rumah.

Karena termasuk perangkat elektronik, printer membutuhkan perawatan secara berkala. Jika perangkat yang satu ini rusak, Anda harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit karena ada beberapa komponen yang harus diganti. Untuk itu, perawatan printer sangatlah diperlukan apalagi jika Anda jarang memakainya. 

Lalu, perawatan seperti apa yang harus Anda lakukan agar printer tetap bekerja secara optimal? Simak rangkumannya di bawah ini. 

1. Tidak Mencetak Terlalu Banyak

Mencetak foto atau dokumen sekaligus memang bisa menghemat waktu. Namun, jika ini dilakukan secara terus menerus, printer Anda bisa mengalami kerusakan. Anda harus memberikan masa jeda pada printer Epson jika ingin mencetak dokumen dalam jumlah yang banyak. Ini dikarenakan untuk mendinginkan bagian permukaannya dan melakukan cleaning secara otomatis, sehingga kualitas cetak lebih baik.

Untuk itu, lakukan pencetakan secara bertahap. Misalnya, jika Anda ingin mencetak 100 halaman, cetak 30 halaman terlebih dahulu, kemudian beri jeda. Setelah itu, lakukan pencetakan kembali dengan jumlah halaman dan jeda yang sama.

2. Rutin Mencetak Dokumen

Agar printer bisa bertahan dalam jangka waktu lama, selalu lakukan pencetakan secara rutin. Ini dilakukan agar spare part pada printer tetap terlapisi pelumas mekanik. Jika printer tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, pelumas tersebut akan mengering. Dengan demikian beberapa sparepart akan mengalami kerusakan seperti tersendat atau patah. Oleh karena itu, pastikan Anda mencetak satu atau dua lembar dokumen apa saja setiap harinya.

3. Mengganti Selang Infus secara Berkala

Selang infus merupakan bagian penting untuk menyalurkan tinta menuju cartridge printer. Untuk menjaganya agar tetap awet, Anda harus menggantinya secara berkala. Penggantian selang infus tergantung dengan jenis tinta yang digunakan. Jika selang tidak diganti dalam jangka waktu yang cukup lama, proses pencetakan akan terhambat karena selang menjadi keras dan tidak teratur.

4. Menggunakan Tinta Printer yang Tepat

Printer bisa lebih tahan lama jika Anda menggunakan tinta yang tepat dan sesuai. Saat memilih tinta, pastikan tinta tersebut cocok dengan jenis printer yang digunakan. Setiap tinta memiliki tingkat kekentalan yang berbeda-beda, sehingga bisa mempengaruhi hasil cetak. Agar tidak bingung, belilah tinta yang sama dengan tinta yang Anda beli pertama kali di toko resminya. Perhatikan juga kualitas merknya, ya!

5. Menggunakan Head Cleaner

Terakhir, selalu sedia head cleaner di rumah Anda. Pembersih yang satu ini wajib dimiliki karena berfungsi untuk membersihkan bagian head printer Anda. Selain bisa membuat head printer lebih awet, pembersih yang satu ini juga bisa membuat printer Anda menjadi tahan lama saat tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, selalu sediakan pembersih ini.

Demikianlah lima cara membuat printer Anda menjadi lebih tahan lama. Jika Anda membutuhkan printer dengan performa yang lebih canggih, Epson bisa menjadi solusinya. Dapatkan hasil cetak yang berkualitas dan sesuai dengan keinginan. Anda bisa membelinya di e-commerce kesayangan Anda dengan harga yang terjangkau. Beli sekarang juga dan dapatkan penawaran menarik!

0 komentar:

Posting Komentar