5 Cara Menciptakan Indonesia Cinta Membaca

5 Cara Menciptakan Indonesia Cinta Membaca

Membaca dapat membuat seseorang memiliki banyak pengetahuan dan dapat berfikir kritis. Oleh karena itu, menciptakan Indonesia cinta membaca perlu untuk dilakukan sejak dini. Pada era saat ini, dimana teknologi telah berperan aktif dalam berbagai aspek. Membuat kegiatan membaca menjadi cukup mudah dan dapat dilakukan dimana saja. Simak ulasan berikut.

Cara Menciptakan Rasa Cinta Membaca

1. Membiasakan Diri

Membaca bagi sebagian anak mungkin kegiatan yang membosankan. Namun dengan membaca akan semakin banyak pengetahuan yang didapatkan dan wawasan pun akan semakin luas. Oleh karena itu, kebiasaan dalam literasi seperti membaca dan menulis perlu dilakukan sejak masih kecil. Apabila anak sudah diajarkan sejak kecil, maka kegiatan ini akan dapat menjadi kebiasaannya.

Bagi remaja atau orang dewasa yang berkeinginan untuk dapat gemar membaca, maka dapat anda lakukan mulai dari hari ini. Dengan membiasakan diri membaca apapun seperti berita, ilmu pengetahuan, novel dan sebagainya dapat meningkatkan rasa gemar membaca pada diri anda. Selain bermanfaat bagi diri sendiri, peran ini juga andil untuk menciptakan Indonesia Cinta Membaca.

2. Pergi Ke Perpustakaan

Pergi ke perpustakaan juga menjadi salah satu tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan rasa gemar membaca. Di perpustakaan banyak tersedia berbagai jenis buku, berawal dari membaca buku dengan topik yang ingin pelajari hingga topik lain yang bisa jadi menjadi pengetahuan baru. Pergi ke perpustakaan juga dapat dilakukan untuk menstimulasi anak agar gemar membaca. 

Oleh karena itu pergi ke perpustakaan dapat meningkatkan rasa gemar membaca. Suasana yang tenang akan mendukung anda untuk lebih fokus dalam membaca. Sehingga meluangkan waktu pergi ke perpustakaan dapat menjadi salah satu pilihan tepat bagi anda. Mengisi waktu di perpustakaan tidak akan membosankan apabila anda sudah terbiasa.

3. Pergi Ke Toko Buku

Bagi sebagian anak, jalan – jalan merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Akan lebih baik apabila menyempatkan waktu sejenak untuk dapat pergi ke toko buku. Dengan melihat lihat isi toko buku, dapat meningkatkan rasa ingin membaca apabila menemukan suatu buku yang menarik. Berbagai jenis buku tersedia di toko buku. 

Najwa Shihab pernah berujar bahwa satu buku dapat menumbuhkan minat membaca. Apabila sedang berada di dalam toko buku dan menemukan suatu buku yang menarik untuk dibaca, hal tersebut dapat menjadi awal yang baik. Dengan begitu akan ada rasa ingin kembali ke toko buku dan menemukan berbagai buku menarik lainnya yang berada di rak toko buku.

4. Menggunakan Sarana Kreatif

Bagi anak – anak, perlu dibiasakan untuk membaca dari kecil. Hal seperti ini dapat dimulai dari membaca buku dongeng atau tulisan bergambar. Sehingga anak anak akan lebih tertarik dan menjadi suka dengan kegiatan membaca. Hal ini dapat dilakukan bersama dengan keluarga dan menghadirkan momen baca bersama. Selain meningkatkan literasi anak juga dapat momen kehangatan keluarga.

5. Sarana Platform dan Media Sosial

Kini berbagai aplikasi dan juga media sosial dapat memberikan dampak gemar membaca. Khususnya pada anak dapat menjadi hal yang menyenangkan apabila dapat membaca dengan mudah menggunakan smartphone dan dapat dilakukan dimana saja. Banyak platform dan media sosial yang berfungsi untuk meningkatkan rasa gemar membaca pada anak hingga orang dewasa.

Tanoto Foundation percaya bahwa stimulasi pada anak usia dini adalah investasi terbesar dalam proses tumbuh kembang anak, salah satunya dengan membangun budaya membaca. Kepercayaan ini mendorong Tanoto Foundation untuk menggagas gerakan/kampanye #IndonesiaCintaMembaca

Jangan lupa Moms juga bisa ikutan lho kegiatan seru kompetisi sharing Momen baca bersama yang diadakan oleh Tanoto Foundation dan hadiahnya seru banget. Kompetisi berlangsung sampai bulan Desember 2020. Cek highlight #MomenBaca di IG : @tanotoeducation atau untuk informasi lebih lanjut di https://tanotofoundation.org/id/news/kompetisi-momenbacabersama-dapatkan-

0 komentar:

Posting Komentar