Khusus Mahasiswa Ngekost, Ini Trik Menghemat Uang Bulanan yang Patut Dicoba!

Khusus Mahasiswa Ngekost, Ini Trik Menghemat Uang Bulanan yang Patut Dicoba!
Sumber: pinterest.com

Kuliah sambil ngekos menjadi tantangan sendiri dimana kita dituntut untuk belajar mandiri karena jauh dari orang tua. Hal ini mungkin terasa sulit dijalani, terutama saat masa-masa awal masuk kuliah dan ngekost. Bukan cuma masalah makan dan belajar saja yang menghampiri, masalah keuangan pun menjadi hal yang penting untuk dikelola.

Jika selama di rumah kamu terbiasa mendapatkan berbagai kebutuhan dan makanan dengan mudah, maka saat kuliah dan ngekost kamu perlu memenuhi segala kebutuhanmu sendiri dengan mengandalkan uang bulanan yang diberikan orangtua. Tentu kamu harus lebih teliti dan cermat dalam menggunakan uang bulanan agar bisa mencukupi kebutuhan selama sebulan penuh. 

Hindari pemborosan dengan melakukan cara yang tepat, untuk mengatasinya kamu bisa menerapkan sejumlah cara hemat dalam kegiatan harianmu. Ini bakal membuat kebutuhan kuliah dan hidup kamu terpenuhi dengan baik. Cobalah simak beberapa trik hemat berikut untuk membantu menghemat uang bulanan.

1. Bikin Anggaran Bulanan

Sumber: pinterest.com
 
Meski masih mahasiswa dan diberikan uang bulanan oleh orang tua, tetapi kamu harus membiasakan diri untuk mengelola anggaran bulanan mulai dari sekarang. Buatlah anggaran keuangan di akhir bulan agar bisa dijalankan pas awal bulan. Catat semua pengeluaran yang kamu rencanakan selama sebulan, seperti bayaran tempat kost, bahan makanan, kebutuhan yang sudah habis dan lain sebagainya. Dahulukan dulu berbagai kebutuhan pokok kamu, setelah itu kamu dapat memenuhi segala kebutuhan lainnya yang tidak begitu mendesak. Ada baiknya sisihkan juga beberapa uang bulanan kamu untuk ditabung. Nantinya uang tersebut bisa digunakan saat ada kebutuhan mendesak di kemudian hari. 

2. Beli Buku Bekas atau Pinjam Buku

Sumber: pinterest.com
 
Selama kuliah kamu tentu membutuhkan banyak buku berbeda-beda. Ada sejumlah buku yang digunakan satu semester saja dan ada juga yang sampai beberapa semester. Untuk buku yang cuma terpakai satu semester, gak ada salahnya jika kamu meminjam buku ke teman terdekat atau ke senior yang kamu kenal. Tapi kalau gak ada, membeli buku dengan kondisi bekas juga bisa kamu coba. Yang terpenting pastikan jika buku tersebut masih bagus dan dapat dipakai dengan baik. Buat buku yang bakal dipakai sampai beberapa semester, sebaiknya beli saja. 

3. Gunakan Status Mahasiswa untuk Berhemat 
Sumber: pinterest.com
 
Ada berbagai keuntungan yang bisa diperoleh mahasiswa. Nah, salah satunya adalah potongan harga saat berbelanja di supermarket, makan di cafe, bahkan nge-print dokumen dengan printer murah di toko fotocopy. Selain itu, ada juga beberapa transportasi umum dan destinasi wisata yang menawarkan harga potongan khusus buat para mahasiswa. Ini tentu akan membantu menghemat uang bulanan kamu. Jadi, manfaatkan dengan baik diskon dan promosi yang ditawarkan seperti itu agar kamu dapat menghemat uang bulanan saat berbelanja atau makan.


4. Manfaatkan Fasilitas Kampus yang Ada

Sumber: pinterest.com
 
Setiap kampus umumnya punya berbagai fasilitas pendukung untuk para mahasiswanya, seperti perpustakaan, laboratorium, fasilitas kesehatan, sarana olahraga, serta berbagai aktivitas kemahasiswaan tertentu. Kamu dapat memanfaatkan fasilitas-fasilitas kampus yang ada untuk mendukung kegiatan kuliah kamu dan mengasah kemampuan dalam bidang akademik. Jika kamu punya bakat tertentu, cobalah salurkan dengan mengikuti kegiatan kemahasiswaan seperti menarik, teater, atau menyanyi.
 

5. Cari Pekerjaan Sampingan untuk Mengisi Waktu Luang

Sumber: pinterest.com
 
Jika kamu dapat mengelola waktu dengan baik, maka kamu bakal mempunyai banyak waktu luang, terutama saat weekend. Kamu bisa mengisi waktu luang ini buat mencari uang tambahan. Ada berbagai pekerjaan yang dapat diterapkan dengan mudah, misalnya bekerja paruh waktu di cafe, menjadi penulis, atau menjual makanan ringan. 

Selain itu, kamu juga bisa membuka jasa print dokumen. Memiliki printer sendiri tentunya akan menguntungkan sekali bagi mahasiswa, apalagi harga printer HP saat ini sudah terjangkau. Kamu dapat membuka jasa print dokumen untuk bisnis sampingan. Mulailah dengan menawarkan kepada teman-teman dekat. Uang yang didapatkan pastinya bakal menguntungkan banget. Lumayan untuk menambah uang saku plus buat ditabung. 

Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar